Generasi 90-an Wajib Datang ke Hutan Rajawali Batang

Seseorang asyik bermain enggrang di Minggon Jatinan. Sumber: instagram Minggon Jatinan.

Kauman – Baru-baru ini jajanan tempo dulu sedang hangat diperbincangkan. Kembali tenar di tahun serba digital, jajanan ini tetap mendapat tempat bagi penggemarnya. Nah bagi kamu generasi 90 an yang tiba-tiba kangen dengan jajanan jadul? Minggon Jatinan Batang bisa jadi rekomendasi kalian.

Minggon Jatinan ini adalah salah satu wisata kuliner ikonik di Kabupaten Batang. Wisata ini dibuka setiap akhir pekan di kawasan Hutan Kota Rajawali. Meski berlokasi di kota dan berada persis di samping jalan pantura, pengunjung tidak akan merasa panas. Pasalnya, lokasi ini dipenuhi pohon jati yang rindang.

Wisata yang dibuka April 2018 ini menyajikan konsep minuman, makanan tradisional dengan sistem transaksi menggunakan koin tradisional atau `kreweng` (pecahan genteng) seharga dua ribu rupiah.

“Ini sebagai upaya pemerintah daerah menggeliatkan usaha makanan tradisional yang sudah mulai punah,” kata Bupati Batang, Wihaji seperti yang dilansir dari salah satu portal media milik Pemkot Pekalongan.

Ada beberapa kuliner yang akan kalian temui di wisata konsep tradisional tersebut diantaranya jamu, pecel-pecelan, nasi liwet sangit, nasi jagung, kopi, serabi kalibeluk, rujak bebek, wajik klethek, aneka bubur, wedang ronde, kerang dara yang dimasak dengan bumbu botok dan masih banyak lagi.

Catatan untuk kalian yang menyebut dirinya sebagai generasi now, harus menjajal olahan kerang ini. Repotnya membuka cangkang kerang akan terbayar dengan gurihnya bumbu botok. Bagi kalian yang belum tahu cara menikmati kuliner ini, tenang, si penjual akan mencontohkannya. Berani mencobanya?

Kesan tradisional Minggon Jatinan kian terasa dengan pakaian adat dan topi caping yang dipakai para penjual jajanan di pasar ini. Selain itu, pecahan genteng atau yang sering disebut kreweng oleh masyarakat Jawa turut mewarnai wajah Minggon Jatinan. Tempat makanan yang digunakan juga tidak jauh dari kesan tradisional, yakni daun pisang dan daun jati.

Ada pula beberapa permainan tradisional seperti enggrang dan bakiak. Hadirnya permainan jadul ini tentunya bisa menambah kehangatan keluarga. Minggon Jatinan juga bisa digunakan untuk tempat rapat lho? Anda bisa memesannya dengan menghubungi instagram @minggonjatinan.

Pasar jajanan tradisional ini hanya buka pada hari Minggu, pukul 06.00 – 12.00 WIB. Namun saking larisnya,  biasanya jam 10 pagi pasar minggon jatinan sudah tutup. Jangan sampai kesiangan ya?

Add Comment