Fokus Pelatihan dan Diskusi, Gerakan Cerdas Ingin Bangkitkan Kepercayaan Masyarakat

Karangasem – Gerakan Cerdas yang didirikan oleh alumni SMP N 1 Batang angkatan tahun 1988 kini mantap untuk terus membaktikan diri kepada masyarakat Kabupaten Batang. Tujuan dari gerakan tersebut adalah membangun kepercayaan masyarakat melalui beragam pelatihan seperti edukasi yang dilakukan di Kafe Gerakan Cerdas, Dukuh Pajintenan, Kelurahan Karangasem Selatan Kabupaten Batang, Selasa (3/12/2019) kemarin.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Batang, Gerakan Cerdas nantinya akan mengembalikan rasa percaya masyarakat lewat pendidikan maupun sosial dan ekonomi. Imang Jasmin, salah satu anggota dari komunitas tersebut menuturkan, masyarakat akan mendapat beberapa pelatihan dan juga diberi trik mengenai berbisnis.

“Pelatihan yang telah sukses digelar pada pertengahan 2019, diantaranya menjahit, sablon, pembuatan makanan ringan dan seni teater. Pelatihan mengedukasi lainnya akan segera digelar tahun 2020 dan semua pelatihan itu diberikan secara gratis, untuk mengasah kemampuan warga yang ingin membangun Kabupaten Batang,” terangnya.

Langkah Nyata

Imang juga mengharapkan dengan hadirnya Gerakan Cerdas bisa menjadi media diskusi terkait pariwisata Batang. Keseriusan itu mereka buktikan dengan mengundang Wahyu Budi Santoso selaku Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat turut untuk mengisi acara diskusi pada bulan September lalu.

Hadirnya gerakan ini pun mendapat apresiasi dari Pendiri Komunitas Indonesia Syiar Network Mirza Muhammad. “Harus bisa menjaga konsistensi melalui ide-ide kreatif dari anggotanya, namun tetap dalam satu komando,” ujarnya yang saat itu juga hadir.

Menurut Mirza, asalkan Gerakan Cerdas tersebut linear dengan program kerja dinas-dinas yang ada di Kabupaten Batang maka apa yang dituju akan terwujud. Terlebih bila mereka fokus terhadap bidang pariwisata, tentu harus terus bersinergi dengan Dispapora Kabupaten Batang.

Dikutip dari website Pemkab Batang, gerakan tersebut akan mendatangkan pakar yang mumpuni sesuai bidangnya. Hal ini merupakan salah satu cetusan ide dari alumni agar nantinya Gerakan Cerdas yang dibangunnya bisa bersinergi dengan dinas terkait. Hingga tujuan akhirnya yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Batang ini bisa tercapai.

Add Comment