Jalan Bawang-Dieng Mulus, Berkah untuk Warga Sekitar

Foto: Humas Pemkab Brebes.

Bawang – Pembangunan jalan yang hanya tinggal beberapa persen ini meliputi ruas Deles-Bintoromulyo-Sigemplong-Bitingan. Perbaikan ini sebagai pemenuhan janji Pemkab Batang kepada warga Desa Pranten-Bintoromulyo-Sigemplong-Bitingan. Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Batang, Wihaji, saat meninjau proyek pembangunan jalan di Desa Praten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, akhir November kemarin.

“Harapannya para investor bisa memanfaatkan berinvestasi dan bersinergi dengan wilayah sekitar untuk wisata. Karena ini adalah tanah yang subur, sehingga banyak pilihan untuk menciptakan wisata yang disebut Negeri di Atas Khayangan, karena ini sangat cocok untuk program Batang Heaven Of Asia 2022,” ujar bupati.

Kepala Desa Praten, Edi merasa bersyukur dengan adanya perbaikan jalan ini. Baginya ini adalah suatu kemerdekaan mengingat dulunya jalan ini sangat sulit untuk diakses. Sementara kini, jalan tersebut akan bisa dilalui motor dan mobil sehingga bagi mempermudah warga sekitar maupun luar Batang.

“Desa Pranten memiliki potensi wisata, karena masih banyak wisata alam yang masih sangat asri dan alami, potensi inilah yang bisa digunakan oleh para investor untuk melirik Desa Pranten sebagai desa wisata,” kata Edi.

Transportasi Sarana Pertumbuhan Ekonomi

Adisasmita menyebutkan ada tiga komponen untuk menunjang pembangunan sektor wilayah, yakni sumber daya manusia, kegiatan ekonomi, dan sistem transportasi. Peran transportasi disini lebih ditekankan sebagai fasilitas penunjang. Artinya perlu adanya akses transportasi yang baik sehingga ketiganya bisa terkoneksi dengan baik.

Jurnal berjudul Transportasi: Peran Dan Dampaknya Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional milik Abdul Kadir menjelaskan betapa pentingnya transportasi dalam segi ekonomi. Dimana transportasi berpengaruhi terhadap harga suatu barang. Baiknya akses tersebut akan berdampak pada kestabilan harga dengan jumlah barang yang dibutuhkan selalu tersedia.

Umiyatun Hayati Triastuti pun menilai hadirnya transportasi akan sangat mendukung kegiatan masyarakat dalam bidang ekonomi. Transportasi akan meningkatkan mobilitas penduduk dan sumber daya lainnya.

Bupati Batang pun berpandangan sama, pihaknya berharap dengan diperbaiki jalan tersebut nantinya masyarakat bisa berbelanja di Bawang tanpa khawatir medan jalan yang menakutkan. Ia juga menyampaikan kondisi geografi Desa Praten bisa menarik para investor untuk membuka usahanya disana. Tentu, mulusnya jalan Bawang-Dieng akan mempermudah semua moda transportasi darat untuk melintas. Sehingga tidak menutup kemungkinan, suatu saat nanti akan ada transportasi publik dengan rute Batang-Bawang-Dieng.

Add Comment