Satlantas Polres Batang Kenalkan Lalin Sejak Usia Dini

Taman Edukasi Lalin ditinjau oleh beberapa anggota Satlantas Polres Batang.

Proyononggan Selatan – Bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat, Satuan Lalu Lintas Polres Kabupaten Batang membuat taman lalu lintas di lingkungan belajar Taman Kanak-kanak (TK). Kedua instansi tersebut menambah tiang rambu lalu lintas mini di lingkungan TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Batang, Selasa (10/12/2019).

Tujuan pembuatan taman lalin tersebut adalah agar bisa menjadi media pembelajaran bagi peserta didik. “Hal ini perlu pembiasaan sejak anak-anak, sehingga saat dewasa mereka sudah terbiasa berperilaku disiplin di setiap aktivitasnya, terutama saat berada di jalan raya,” tutur Kasat Lantas Polres Batang, Doddy Triantoro.

Ia pun berharap adanya taman edukasi yang lengkap dengan marka jalan dan rambu lalu lintas tersebut bisa menjadi sarana edukasi anak mengenai peraturan dan tata cara yang benar. Selain itu, pengenalan lalin sejak usia dini juga diharapkan bisa menumbuhkan jiwa disiplin berlalu lintas anak sejak dini.

Tingginya Angka Kecelakaan Lalin

Catatan WHO pada tahun 2009 ada sekitar 1,3 juta kasus kecelakaan lalu lintas yang memakan korban jiwa. Angka tersebut menjadikan kecelakaan sebagai penyebab kematian kelima terbanyak di dunia. Sebagian besar kasus kecelakaan terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Data milik Kepolisian Indonesia tahun 2012 menyebutkan ada 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal sebanyak 27.441 orang. Sementara pada tahun 2018, tercatat ada 103.672 kasus kecelakaan lalin dengan korban meninggal sebanyak 27.910 orang sepanjang tahun tersebut. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang mencapai 101.022 kasus.

Kapolri saat itu, Tito Karnavian menyebutkan penyebab tingginya angka kecelakaan tersebut diakibtakan oleh kelalaian pengendara, yakni 33%. Sisanya dipengaruhi oleh kondisi jalan dan cuaca. Dimana korban tewas didominasi oleh beberapa profesi, salah satunya pelajar.

Maka tak heran bila edukasi mengenai lalu lintas selalu digencarkan sejak sekolah hingga perguruan tinggi.  Jelas, kesadaran mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas harus diterus ditanamkan. Selain untuk tertib berkendara, edukasi tersebut bisa menjadi penekan angka kecelakaan lalin. Pada dasarnya edukasi lalin ini umumnya berisi tentang peraturan dan beberapa rambu-rambu lalu lintas yang perlu pengendara patuhi.

Add Comment