PMI Batang Kerahkan Relawan Arus Mudik Lebaran

35 relawan PMI dikerahkan untuk bantu arus mudik 2022. BATANGKAB

Puluhan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Batang siap terjun untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun 2022. Relawan yang bertugas akan ditempatkan pada tiga posko mudik yang ada di Alun-alun Batang, kantor Dishub Batang, dan posko PMI Kecamatan Gringsing.

Arus mudik lebaran diperkirakan akan mengalami kenaikan mulai 28 April hingga 30 April 2022. “Iya, kami terjunkan sebanyak 35 relawan yang saat mudik lebaran tahun ini,” ujar ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq, Selasa (26/4/2022) dalam rilis batangkab.go.id.

Sebelum pengerahan, relawan yang bertugas sudah terlebih dahulu melakukan refresh materi terkait kemampuan pertolongan pertama kecelakaan, evakuasi dan berbagai bentuk pertolongan lainnya. Kegiatan refresh materi ini dilakukan agar relawan lebih siap menghadapi tantangan di lapangan.

Selama arus mudik dan balik, PMI juga membuka markas 24 jam penuh, di markas juga disediakan ambulans, obat-obatan, dan juga relawan pendukung yang siap membantu relawan yang sedang bertugas di lapangan. Keterlibatan PMI Batang dalam menghadapi arus mudik 2022 ini merupakan bagian kontribusi PMI dalam melayani masyarakat.

Rest Area dan Layanan Pijat juga Disediakan

Selain menyediakan layanan kesehatan oleh PMI, posko mudik sekaligus rest area yang disediakan oleh Dishub Batang juga menyediakan berbagai fasilitas untuk membantu para pemudik tahun ini.

Rest area yang disediakan tidak hanya sebagai tempat beristirahat, namun juga menyediakan tempat tidur, kamar mandi, makanan, minuman serta wifi gratis. Tak hanya itu, Pemkab bahkan menyediakan tukang pijat bagi para pemudik.

“Kantor kami membuka posko mudik dan rest area lengkap dengan fasilitasnya. Kami juga menyediakan tukang pijat untuk para pemudik,” kata kepala Dishub Batang, Murdiyono. Layanan pijat ini dihadirkan untuk membantu para pemudik yang kelelahan dalam perjalanan, sehingga nantinya dapat melanjutkan perjalanan dalam keadaan bugar.

Murdiyono juga menyampaikan setelah dua tahun tidak membuka posko mudik, akhirnya kini Dishub Batang bisa kembali membantu pemudik dalam perjalanannya. Berbagai fasilitas disediakan untuk menyenangkan para pemudik yang mampir.

Berdasarkan pengalamannya di tahun-tahun sebelumnya, jumlah pemudik yang mampir di posko Dishub dalam sehari bisa mencapai ratusan, bahkan pernah mencapai 400 orang dalam sehari.

“Pemudik yang beristirahat di rest area kami itu memang sudah langganan setiap tahunnya. Karena sudah merasakan kenyamanannya. Jadi pemudik masih ingat dan bisa dipastikan kembali lagi ke rest area sini,” ujar dia.

Add Comment